Tips Memilih Hosting yang Bagus

Hosting yang merupakan pilar penting untuk situs kamu. Hal ini dikarenakan situs kamu juga berperan sebagai brand dan bisnis di dunia maya. Itulah mengapa jika tiba-tiba hosting mengalami masalah atau eror maka kamu secara tidak langsung bisnis kamu juga ikut berhenti sejenak.

Memang tidak mudah untuk menemukan jenis dan penyedia hosting yang cocok untuk situs atau blog kamu. Jangan langsung tergiur dengan penawaran diskon yang besar, hosting gratis dan lainnya. Jadilah konsumen yang cerdas karena pemilihan hosting nantinya akan memiliki pengaruh yang cukup besar pada situs kamu.

Tips Memilih Hosting untuk Situs atau Website

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memilih hosting yang pas untuk situs kamu. Silahkan simak informasinya di bawah ini :

Jangan Tergiur “Domain Gratis”

Mendengar domain gratis tentu saja dapat memancing agar segera melakukan pembelian hosting. Yups, biasanya domain gratis ini sudah satu paket dengan hosting yang tersedia. Namun, jangan terlalu tergiur dengan domain gratisan ini.

Karena bisa saja tahun pertama gratis tapi tahun selanjutnya harganya meningkat drastis. Selain itu, jangan asal memilih paket hosting hanya karena ingin mendapatkan domain gratis. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs kamu agar tidak menyesal dikemudian hari.

Melihat Review dari Para Pengguna

Sebelum membeli hosting ada baiknya kamu lihat dulu review atau testimoni dari para pembeli yang pernah menggunakan hosting tersebut. Jangan hanya lihat review yang bagus, tapi lihat juga berbagai masalah dan juga kendala yang pernah dihadapi oleh para pengguna sebelumnya.

Selain itu, lihat juga review mengenai pelayanan hosting tersebut. Apakah customer service-nya mudah dihubungi? Apakah ketika maintenance langsung ditangani? Dan keluhan lainnya. Dengan begitu, ketika hosting situs kamu bermasalah maka bisa segera ditangani dengan baik.

Baca Dengan Teliti Persyaratan Bandwith Hosting

Banyak orang yang mengabaikan bandwith dan juga kapasitas ruang penyimpanan hosting. Padahal, bandwith sangat penting, apalagi jika situs kamu memiliki banyak pengunjung. Jika trafik website tidak terlalu banyak maka kamu tidak perlu khawatir, tapi jika trafiknya membludak sebaiknya segera update hosting yang lebih besar agar situs kamu tidak kelebihan kapasitas.

Selain itu, bedakan juga jenis website dengan hosting yang kamu pilih. Hosting untuk portal berita biasanya memiliki bandwith yang lebih besar jika dibandingkan dengan hosting untuk situs website perusahaan yang hanya berisi perkenalan perusahaan.

Berbeda juga hosting untuk situs marketplace dengan hosting untuk toko online biasa karena jumlah penganjung dan sistem integrasinya sudah pasti berbeda.

 

Check Also

vps cloud dan dedicated web hosting

Apa Itu Shared Hosting dan VPS Hosting?

Hosting web bukanlah pilihan untuk pemilik usaha kecil atau besar tapi itu sekarang ini sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *