Kelebihan dan Kekurangan VPS Windows

Sebelum kita dapat melihat manfaat dari solusi hosting VPS Windows, pertama-tama kita perlu mencari tahu sifat server virtual. Bagaimana mereka bekerja, kapan mereka direkomendasikan, dan apa perbedaan antara VPS Windows dan alternatif hostingnya?

Sebagian besar situs web dunia didukung oleh paket hosting bersama. Dalam lingkungan hosting bersama, beberapa situs web menggunakan sumber daya dari satu server. Ini adalah cara termurah untuk meng-hosting situs web, tetapi memang datang dengan beberapa kelemahan.

Sumber daya server tidak didistribusikan secara merata di antara semua akun, yang berarti bahwa jika satu situs web mulai mengkonsumsi terlalu banyak daya , sisa proyek juga akan menderita . Ada beberapa masalah keamanan yang terkait dengan pengaturan karena semua akun menggunakan IP yang sama. Ini meningkatkan risiko masalah pengiriman email bahkan jika hanya satu pengguna yang mulai mengirim spam.

Terlebih lagi, sebagai solusi termurah, shared hosting juga hadir dengan beberapa batasan, termasuk ketidakmampuan untuk memilih sistem operasi mana yang akan dijalankan situs web Anda.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin meng-host situs web berbasis Windows secara online?

Apa itu hosting VPS Windows?

Jika Anda memilih paket VPS untuk proyek online Anda, Anda akan mendapatkan seluruh Virtual Private Server untuk diri Anda sendiri.  Pada intinya, server (terlepas dari apakah itu virtual atau nyata) hanyalah komputer, dan, seperti komputer lain, ia membutuhkan sistem operasi (OS) untuk menjalankan beberapa perangkat lunak.

Penyedia hosting umumnya menawarkan dua opsi utama dalam hal paket VPS.

Yang pertama adalah VPS terkelola – host web Anda memilih sistem operasi dan bertanggung jawab untuk menjaganya tetap up-to-date dan dikonfigurasi dengan benar. Yang lainnya adalah VPS yang tidak dikelola atau dikelola sendiri – terserah Anda untuk memilih OS dan mengaturnya sesuai keinginan Anda.

Ketika datang ke web hosting, Linux seringkali merupakan pilihan yang lebih disukai karena OS open-source cukup fleksibel untuk menangani sebagian besar perangkat lunak. Tetapi yang paling penting – ini gratis.

Karena itu, Windows juga dapat digunakan untuk menghosting situs web dan ini juga merupakan pilihan yang sangat baik.

Mengapa Hosting VPS Windows?

Meluncurkan situs web adalah tugas serius yang membutuhkan perencanaan yang cermat. Memilih paket hosting dan sistem operasi adalah bagian penting dari proyek, tetapi jika Anda ingin memilih solusi yang benar, Anda perlu mencari tahu beberapa hal lain terlebih dahulu.

Anggaran jelas harus menjadi pertimbangan utama. Sebagian besar distribusi Linux di server hosting web gratis dan open-source. Yang Anda bayar hanyalah perangkat kerasnya, itulah sebabnya paket hosting Linux cenderung jauh lebih murah daripada yang Windows.

Tetapi bahkan sebelum Anda mempertimbangkan aspek keuangan, Anda perlu tahu jenis hosting mana yang cocok untuk Anda. Misalnya, jika Anda berencana untuk menggunakan  sistem manajemen database MSSQL atau  kerangka kerja pengembangan ASP.NET, satu-satunya pilihan Anda yang layak adalah server Windows.

Di sisi lain, saat menjalankan PHP, MySQL, dan server web seperti Apache dan Nginx di Windows bukanlah hal yang mustahil, melakukannya jauh lebih sulit. Jadi, jika Anda ingin meluncurkan blog WordPress sederhana – Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan server Linux.

Jika teknologi yang mendasarinya tidak menjadi masalah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tingkat keahlian teknis Anda sendiri. Setelah menggunakan Windows di PC desktop Anda selama bertahun-tahun, Anda mungkin berpikir bahwa Anda seharusnya tidak memiliki masalah membungkus kepala Anda di sekitar Windows Server.

Namun, kedua solusi tersebut melayani tujuan yang sama sekali berbeda, jadi Anda harus memiliki pengetahuan yang lebih spesifik tentang manajemen server.

Sebagai pemula, yang terbaik adalah mencari solusi VPS terkelola dan memeriksa dengan host Anda untuk melihat alat dan bantuan seperti apa yang akan Anda dapatkan sebagai bagian dari paket.

Kelebihan dan Kekurangan hosting VPS Windows

Lebih dari 77% komputer desktop dan laptop saat ini berjalan di Windows. Bagi banyak dari Anda, pemandangan antarmuka grafis yang akrab ketika Anda mulai mengelola server akan lebih dari diterima. Ini adalah keuntungan yang pasti, terutama bagi mereka yang tidak merasa nyaman bekerja dengan antarmuka baris perintah.

Namun, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Harganya adalah faktor khas yang paling jelas antara server hosting Windows dan Linux. Biaya langganan untuk produk Microsoft harus selalu dipertimbangkan saat Anda menguraikan anggaran hosting Anda. Sebagai perbandingan, sifat open-source Linux menyambut pengguna untuk mengembangkan semua jenis plugin dan alat untuk membuat OS lebih baik.

Keamanan adalah poin utama lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih sistem operasi Anda. Karena sifatnya yang eksklusif, jumlah ancaman yang  ditujukan pada mesin Windows terus bertambah dan penjahat dunia maya tidak segan-segan memukul server berbasis Windows. Meskipun Linux tidak kebal terhadap serangan siber, tampaknya tidak sering menjadi sasaran. Arsitektur sumber terbukanya juga memungkinkan kode untuk ditinjau oleh banyak orang, yang lebih cenderung dengan cepat menemukan bug dan menyusun tambalan.

 

Proses penerapan pembaruan juga lebih mudah dengan Linux. Anda dapat memperbarui aplikasi dan membuat perubahan signifikan pada konfigurasi sistem operasi tanpa perlu me-reboot mesin. Windows jauh lebih mungkin memerlukan restart setelah pembaruan besar, yang hampir tidak ideal mengingat Anda mencoba meng-host situs web dan menjaga waktu henti seminimal mungkin.

Linux umumnya dianggap lebih cepat dan lebih efisien dalam hal penggunaan sumber daya perangkat keras. Kinerja server tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda, tetapi faktanya tetap bahwa meskipun Microsoft telah melakukan banyak hal untuk merampingkan sistem operasinya, Windows masih relatif berat dibandingkan dengan para pesaingnya.

Jika Anda mengingat hal ini dan memilih VPS yang sedikit lebih kuat, ini seharusnya tidak memengaruhi kecepatan pemuatan situs web Anda.  Namun, jika terjadi lonjakan lalu lintas, server mungkin menemukan dirinya berjuang untuk menjaga kinerja pada tingkat yang layak dengan OS yang lebih intensif sumber daya.

Manfaat menggunakan produk Microsoft

Menggunakan OS open-source memiliki beberapa kelemahan. Karena Linux dikembangkan oleh komunitas daripada organisasi, mendapatkan dukungan teknis sedikit lebih sulit. Jika Anda memiliki masalah dengan sistem operasi atau jika Anda kesulitan dengan tugas tertentu, Anda dapat menggunakan forum untuk meminta bantuan sesama pengguna dan pengembang.

Namun, tidak ada yang tahu kapan Anda akan mendapatkan balasan, dan Anda tidak akan pernah tahu apakah orang yang mencoba membantu Anda cukup berpengetahuan untuk melakukannya. Ini bukan situasi yang ideal mengingat fakta bahwa Anda mencoba untuk menjaga situs web Anda tetap aktif dan berjalan dengan lancar 24/7.

Seiring dengan sistem operasi, Microsoft memberi Anda saluran resmi untuk menghubungi agen dukungannya, yang berarti Anda dapat mengharapkan jawaban yang lebih andal dengan cara yang lebih cepat. Terlebih lagi, karena pengembangan Windows ditangani oleh satu perusahaan, Anda lebih mungkin menemukan tips, tutorial, dan video yang berguna dalam satu basis pengetahuan terpusat.

Keuntungan Windows untuk Administrator

Windows mungkin tidak sempurna untuk pengguna rata-rata, tetapi ini adalah juara di ceruk lain.

Di dunia korporat, di mana lusinan (atau bahkan ratusan) pengguna terhubung ke jaringan yang sama dan membutuhkan akses instan ke aset dan layanan yang sama, server Windows jauh lebih populer.

Mereka datang dengan Active Directory, layanan direktori di jaringan Windows yang bisa sangat berguna di lingkungan bisnis. Ini bertanggung jawab untuk otentikasi dan kontrol akses – dua aspek terpenting saat membangun jaringan perusahaan.

Salah satu fitur berguna Windows Server lainnya adalah kemampuan untuk mendorong kebijakan ke grup dan individu. Ini adalah cara yang tidak menyakitkan dan efisien untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan meningkatkan keamanan seluruh jaringan.

Solusi lain memungkinkan Anda melakukan hal yang kurang lebih sama, tetapi itu tidak cukup serbaguna. Sebagai hasil dari popularitas Windows ini, banyak alat dan aplikasi yang penting untuk operasi sejumlah bisnis tidak tersedia di platform lain.

Bahkan jika mereka, meskipun, transisi seringkali menyakitkan, terutama jika jaringannya relatif besar. Banyak dari upaya ekstra itu berasal dari fakta bahwa pengguna akhir terlalu terbiasa dengan OS mereka, jadi peralihan seperti itu bukanlah tugas yang mudah.

Kesimpulan

Jika Anda pengguna Windows, Anda mungkin berpikir bahwa memilih sistem operasi yang sama untuk server hosting web Anda adalah strategi terbaik.  Ini belum tentu demikian.

Lingkungan hosting yang baik untuk situs web Anda sangat penting, dan OS server adalah bagian utama darinya. Jika Anda mempertimbangkan untuk mendapatkan VPS Windows, Anda harus terlebih dahulu memastikan tidak akan ada masalah kompatibilitas dengan teknologi yang digunakan proyek Anda.

Jika Anda yakin bahwa Windows adalah taruhan terbaik Anda, Anda akan dapat menikmati dukungan teknis yang lebih andal, kinerja yang stabil, dan antarmuka yang sudah Dikenal dan Anda sukai.

FAQ

Apakah VPN Windows hadir dengan keunggulan yang sama dengan VPS Linux?

Solusi Linux dan Windows VPS dibangun dengan cara yang sama dan bahkan dapat ada di server fisik yang sama. Anda mendapatkan satu set sumber daya yang dijamin dan IP khusus dengan sebagian kecil dari biaya solusi server khusus. Kemampuan untuk dengan mudah menskalakan akun hosting Anda juga harus ada di pikiran Anda.

Bergantung pada paket hosting, beberapa VPS Linux hadir dengan panel kontrol yang mudah digunakan yang membantu Anda mengatur semuanya dan segera mulai membangun situs web Anda. Banyak dari panel hosting ini tidak mendukung Windows, jadi Anda lebih baik bertanya kepada penyedia hosting Anda apakah Anda bisa mendapatkan alat serupa.

Mengapa paket VPS Windows lebih mahal daripada alternatif Linux?

Windows Server adalah sistem operasi berpemilik yang dikembangkan oleh Microsoft dan menggunakannya akan menghabiskan uang Anda. Sebaliknya, distribusi Linux paling populer untuk server adalah open-source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Akibatnya, hosting Linux lebih hemat biaya untuk perusahaan hosting dan kemudian – untuk pengguna.

Bisakah server Windows meng-host situs web?

Singkatnya, ya, mereka bisa. Microsoft bahkan memiliki perangkat lunak server web sendiri (disebut Internet Information Services atau IIS) yang merupakan bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.

Namun, untuk jenis situs web yang paling populer (biasanya, yang dibangun di atas PHP), Windows sering dianggap lebih rendah daripada Linux, itulah sebabnya sebagian besar perusahaan hosting lebih memilih alternatif open-source.

Apa keunggulan utama Windows dibandingkan Linux?

Kelemahan terbesar menggunakan perangkat lunak sumber terbuka adalah Anda hanya dapat mengandalkan komunitas orang tak dikenal untuk membantu Anda jika Anda terjebak. Orang-orang ini jarang kekurangan kemauan untuk membantu Anda, tetapi ini bukan pekerjaan penuh waktu mereka, sehingga Anda sering kali dapat menemukan diri Anda menunggu seseorang datang untuk menyelamatkan lebih cepat.

Saat menggunakan produk berpemilik seperti Windows, Anda memiliki perusahaan yang juga merawat Anda jika Anda memiliki masalah. Ketersediaan dan keahlian dukungan teknis Microsoft adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda memilih sistem operasi Anda

About admin

Check Also

apa itu virtual private server

Mengenal Apa Itu VPS (Virtual Private Server)

Website merupakan sarana untuk para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya secara online, baik itu dalam bentuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.