Mengenal Cloud Hosting, VPS dan Dedicated

Situs web adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis di zaman modern inovasi digital ini. Jika perusahaan Anda tidak memiliki situs web, itu merugikan. Kabar baiknya adalah bahwa memelihara, membangun, dan menjalankan situs web sederhana bisa sangat hemat biaya.

Baik Anda memulai toko online, membangun blog, atau halaman arahan sederhana, ada beberapa keputusan yang tetap konstan. Salah satunya adalah memutuskan server mana yang terbaik. Server pada dasarnya adalah tempat di mana Anda meng-host situs web Anda, menyimpan file situs web, dan menjaga situs web Anda tetap berjalan.

Jika Anda ingin memulai situs web, atau bahkan berencana untuk mengaudit situs web Anda saat ini, satu hal yang harus Anda periksa adalah apakah perusahaan Anda memiliki server hosting yang tepat. Mendapatkan hosting yang salah bisa menjadi sakit kepala operasional yang dapat muncul kapan saja. Jika server Anda tidak cukup kuat, Anda mungkin akan memiliki banyak waktu henti situs web. Jika terlalu kuat, maka kemungkinan besar Anda membayar untuk layanan yang kurang dimanfaatkan.

Mengetahui apakah Anda memiliki server hosting yang tepat untuk perusahaan Anda dimulai dengan memahami tiga jenis solusi hosting dan memahami pro dan kontra serta fitur dasar mereka. Ada tiga jenis server secara umum:

  • VPS Hosting
  • Hosting Khusus
  • Hosting Awan

Mari kita lihat masing-masing.

Virtual Private Server (VPS)

Jenis hosting pertama adalah server pribadi virtual atau hosting VPS. Hosting VPS adalah jenis hosting bersama di mana Anda mendapatkan sebagian dari server khusus dengan “rekan server” lainnya atau orang-orang yang berada di server yang sama. Jika hosting disamakan dengan real estat, itu mungkin akan menjadi apartemen atau gedung kondominium.

Ini menyediakan sumber daya dasar yang sangat dijamin oleh penyedia dan sumber daya buffer jika Anda mengalami lonjakan lalu lintas. Tetapi sama seperti pemilik kondominium yang memiliki tanggung jawab untuk memelihara unitnya sendiri, pemilik server VPS juga perlu memelihara properti mereka. Jika terjadi kesalahan pada server tertentu, Anda harus memperbaikinya. Pasar VPS siap untuk mencapai penilaian pasar sebesar $2 miliar pada tahun 2025.

Kelebihan Server VPS

  • Server VPS lebih terjangkau daripada mendapatkan server khusus atau cloud. Anda hanya membayar untuk ruang yang Anda butuhkan.
  • Memberikan kenyamanan dan kecepatan karena biasanya lebih mudah untuk dikelola dan dipecahkan.
  • Opsi entry-level yang bagus untuk perusahaan yang tidak mengharapkan terlalu banyak lalu lintas di situs web mereka.

Kontra dari Server VPS

  • Dibandingkan dengan opsi lain yang akan kita bahas nanti, VPS memiliki keamanan lingkungan cloud paling sedikit yang tersedia.
  • Setelah situs web Anda mulai mengambil dari segi lalu lintas, Anda akan mengalami downtime saat pengunjung mencapai puncaknya. Anda mungkin perlu meningkatkan pada saat itu.
  • Dalam kasus VPS yang tidak dikelola, konfigurasi mungkin lebih sulit. Tetapi ketika membandingkan VPS vs dedicated hosting, masih relatif mudah untuk dikelola dan dikonfigurasi.

Harga dan Putusan

Hosting VPS berlaku untuk di mana saja antara $ 20 hingga $ 100 sebulan tergantung pada layanan yang Anda pilih. Hosting semacam ini adalah yang terbaik untuk situs web dasar yang mungkin membutuhkan tingkat keamanan, kekuatan, dan penyimpanan yang lebih rendah.

Hosting Khusus

Hosting khusus adalah tingkat yang lebih tinggi dari hosting VPS. Tidak seperti hosting bersama, mendapatkan satu hosting khusus memberikan satu server penuh ke situs web atau grup situs web Anda — artinya Anda mendapatkan seluruh infrastruktur untuk diri sendiri. Dalam bahasa real estat, Anda akan mendapatkan seluruh townhouse untuk diri sendiri. Jadi, Anda memiliki semua kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah sesuka Anda. Tetapi Anda masih harus mengurus virtual estat Anda sendiri.

Pasar hosting khusus telah tumbuh sebesar 5.6% setiap tahun dan untuk alasan yang bagus. Alasan pertama adalah bahwa lalu lintas telah meningkat secara keseluruhan untuk bisnis di seluruh dunia, menunjukkan bahwa mereka mendapatkan lebih banyak pengunjung dan mungkin lebih banyak prospek melalui sarana digital. Alasan kedua adalah bahwa usaha kecil hingga menengah sekarang mendapatkan lebih banyak akses ke alat yang kuat seperti aplikasi berbasis kecerdasan buatan, otomatisasi, dan layanan berguna lainnya.

Hosting khusus bisa agak mahal, tetapi pada dasarnya Anda mendapatkan apa yang Anda bayar — kinerja yang lebih tinggi, keamanan yang lebih baik, dan, dalam beberapa kasus, akses VIP ke dukungan pelanggan.

Kelebihan Dedicated Hosting

  • Anda mendapatkan satu seluruh server untuk diri Sendiri.
  • Kecepatan relatif lebih baik karena Anda mendapatkan akses ke semua sumber daya server tanpa ada yang bisa diajak berbagi.
  • Server Anda akan memiliki akses ke semua pengaturan yang dapat disesuaikan yang dibutuhkan situs web Anda untuk berkinerja lebih baik.
  • Server disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan yang tepat dari situs web pemilik server khusus.
  • Keamanan yang lebih baik, mengingat Anda satu-satunya di server itu dan Anda tidak perlu khawatir tentang lonjakan lalu lintas pengguna server tetangga.
  • Dukungan pelanggan yang lebih berdedikasi mengingat Anda membayar untuk seluruh server. Sebagian besar perusahaan web hosting akan memprioritaskan pemilik server khusus mengingat bahwa mereka biasanya setara dengan akun bisnis.

Kontra dari Dedicated Server

  • Biaya lebih tinggi.
  • Anda kemungkinan besar akan membutuhkan tim atau personel teknis untuk memelihara dan mengoptimalkan server. Situs web adalah tanggung jawab perusahaan terutama, sehingga setiap masalah situs web atau waktu henti akan membutuhkan keterampilan seorang webmaster atau pengembang.

Harga dan Putusan

Server khusus akan dikenakan biaya perusahaan di mana saja antara $ 80 hingga $ 500 sebulan tergantung pada tingkat penyesuaian dan jumlah ruang yang dibutuhkan situs web Anda. Paket semacam ini bekerja paling baik untuk perusahaan dengan situs web dengan lalu lintas tinggi seperti platform e-learning, toko e-niaga, dan situs publikasi berita yang mendapatkan lebih dari 500,000 pengunjung situs web setiap bulan. Sekolah biasanya memiliki server sendiri juga untuk sistem mereka, yang menjadi faktor ketika mereka mempertimbangkan aplikasi organisasi sekolah untuk digunakan. Hosting khusus juga berfungsi paling baik untuk perusahaan yang akan membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Hosting Awan

Jenis hosting ketiga relatif baru dan mengambil konsep teknologi komputasi awan yang menyatukan beberapa mesin untuk bertindak sebagai satu sistem yang kohesif. Komputasi awan diperkirakan akan tumbuh dari USD 371,4 miliar pada tahun 2020 menjadi USD 832,1 miliar pada tahun 2025, dan peningkatan penggunaan cloud hosting akan membantu mendorong pertumbuhan itu.

Jadi intinya, cloud hosting beroperasi di partisi kecil dari beberapa server sekaligus. Bayangkan bahwa server situs web Anda adalah hotel atau Airbnb di mana Anda memiliki kebebasan untuk melompat dari satu unit ke unit berikutnya dan hanya membayar yang mana pun yang Anda gunakan alih-alih menyewakan beberapa tempat sekaligus.

Anda mungkin bertanya “cloud hosting vs VPS mana yang lebih baik?” Itu sangat tergantung pada kebutuhan. Tetapi satu hal yang membedakan cloud hosting adalah memungkinkan banyak server untuk bekerja sama ketika lalu lintas melonjak, mengurangi kemungkinan gangguan atau waktu henti. Server tentu saja masih dibagikan, tetapi Anda mendapatkan akses ke sumber daya yang tersedia di server lain yang mungkin memiliki kapasitas lebih besar.

Selain itu, memiliki server cloud menjadi keuntungan ketika server turun. Saat membandingkan cloud hosting vs dedicated hosting, jauh lebih berisiko ketika dedicated server keluar, karena kemudian seluruh sistem Anda turun. Dengan server cloud, sistem Anda dapat mentransfer ke server lain saat salah satu server turun.

Kelebihan Server Cloud

  • Keandalan yang lebih tinggi karena Anda tidak bergantung pada satu server fisik saja. Sistem Anda dapat melompat-lompat di berbagai pusat data sesuai kebutuhan.
  • Keleluasaan. Ketika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, kinerja yang lebih baik, atau kecepatan yang lebih tinggi, Anda dapat memperluas sistem Anda untuk mengakomodasi lebih banyak lalu lintas.
  • Bayar hanya untuk sumber daya yang Anda gunakan.

Kekurangan Server Cloud

  • Sangat teknis, dan akan membutuhkan tim spesialis untuk mengubah dan memelihara.
  • Keamanan berisiko lebih tinggi karena informasi melompat-lompat di berbagai server, sehingga memudahkan orang untuk menargetkan situs Anda.

Harga dan Putusan

Meskipun server cloud tidak jauh lebih murah daripada sebelumnya, mereka masih dapat memiliki titik harga yang mahal — seringkali lebih tinggi daripada VPS atau server bersama sebesar 20 hingga 50%. Tetapi mereka jauh lebih terjangkau daripada server khusus. Cloud hosting lebih fleksibel dan dapat melayani bisnis dengan berbagai ukuran dan volume lalu lintas, tetapi akan membutuhkan beberapa tingkat pengetahuan teknis

About admin

Check Also

cpanel open source web hosting alternatif

Kumpulan cPanel Open Source Alternatif yang Gratis

cPanel adalah panel kontrol populer untuk manajemen situs web dan server. Ini memungkinkan Anda untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.