Mengenal Apa Itu VPS (Virtual Private Server)

Website merupakan sarana untuk para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya secara online, baik itu dalam bentuk landing page, website company profile, toko online dan juga portal berita.

Website membutuhkan ruang penyimpanan data yang nantinya akan ditampilkan. Tempat ruang penyimpanan ini disebut hosting. Namun, hosting memiliki ruang penyimpanan yang terbatas.

Selain hosting, ada lagi ruang penyimpanan file yang besar yaitu VPS ( Virtual Private Server).

Apa Itu Virtual Private Server?

Pertama, mari kita tentukan apa sebenarnya kepanjangan dari VPS — server pribadi virtual.

Dalam istilah awam, server adalah komputer yang kuat yang menyimpan semua data dan file yang membentuk situs web Anda. Ketika seseorang mengetikkan nama domain Anda ke browser web mereka, komputer yang kuat itu “melayani” situs web Anda ke layar pencari.

Sekarang untuk aspek virtual : VPS menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi satu server kuat yang baru saja kita bicarakan menjadi beberapa server virtual. Anggap saja seperti ini: ini adalah salah satu perangkat keras fisik yang berfungsi seperti beberapa server terpisah.

Kata pribadi berarti apa yang disiratkannya. Server virtual Anda disediakan untuk Anda, jadi Anda tidak perlu berbagi RAM, CPU, atau data apa pun dengan pengguna lain.

Bagaimana Cara Kerja VPS?

VPS Hosting mensimulasikan pengalaman server khusus meskipun Anda masih berbagi server fisik dengan pengguna lain.

Penyedia hosting web Anda menginstal lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server menggunakan teknologi virtualisasi. Memisahkan server menjadi kompartemen individu dengan dinding virtual, lapisan ini memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri.

Karena VPS memisahkan file Anda dari pengguna lain di tingkat OS, itu benar-benar server pribadi. Ini berarti situs web Anda berada dalam wadah yang aman dengan sumber daya server yang terjamin — pikirkan memori, ruang disk, inti CPU, dll. Anda tidak perlu membagikannya dengan orang lain.

Bagaimana VPS Dibandingkan dengan Shared Hosting && Dedicated Hosting

Untuk benar-benar memahami cara kerja VPS, penting untuk membiasakan diri dengan beberapa dasar-dasar web hosting, termasuk paket umum lainnya. Berikut adalah rincian singkat tentang perbedaan antara hosting bersama, khusus, dan VPS.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah bentuk hosting web yang paling umum dan berfungsi dengan baik untuk banyak pemilik situs web baru. Saat Anda membeli paket hosting bersama, Anda berbagi sumber daya utama seperti CPU, RAM, dan ruang hard drive dengan pemilik situs web lain yang menggunakan server yang sama.

Mari kita gunakan analogi untuk membuat pemahaman konsep ini sedikit lebih mudah.

Pikirkan server bersama sebagai kompleks apartemen besar, dan semua apartemen individu disewa oleh pemilik situs web lain. Anda semua membutuhkan tempat tinggal — seperti file situs web Anda — tetapi pergi keluar untuk membeli rumah keluarga besar akan terlalu mahal untuk kebutuhan Anda. Berbagi area dan utilitas umum di blok apartemen membantu menekan biaya. Dan hal yang sama berlaku untuk shared hosting.

Namun, ada beberapa kelemahan dari shared hosting, sebagian besar karena Anda berbagi. Misalnya, jika orang lain di server bersama Anda memiliki lonjakan lalu lintas yang sangat besar, itu dapat memengaruhi kinerja situs web Anda. Namun, jika Anda hanya mendapatkan situs web Anda dari tanah dan tidak memiliki volume lalu lintas yang besar, shared hosting adalah cara yang bagus untuk online!

2. Hosting Khusus

Hosting khusus adalah kebalikan dari shared hosting. Daripada mengumpulkan sumber daya (dan berbagi biaya) dengan pemilik situs web lain, Anda memiliki satu server khusus yang disediakan hanya untuk situs web Anda.

Kedengarannya bagus, bukan? Tangkapannya adalah itu lebih mahal, tetapi Anda mendapatkan kontrol 100% atas sumber daya Anda dan dapat menyesuaikan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Jenis paket hosting ini adalah yang terbaik untuk situs web dengan tuntutan teknis yang kuat. Misalnya, hosting khusus bisa tepat untuk Anda jika:

  • Anda mendapatkan lalu lintas dalam jumlah besar setiap hari.
  • Anda perlu menginstal sistem operasi Anda sendiri.
  • Anda menangani ribuan transaksi keuangan.
  • situs web Anda memerlukan perangkat lunak khusus.

3. Hosting VPS

Hosting VPS berada tepat di antara bersama dan berdedikasi. Ketika Anda memilih VPS, akan ada situs web lain yang dihosting pada perangkat keras yang sama dengan milik Anda (ingat server kuat yang kita bicarakan sebelumnya?).

Tapi — dan itu besar — situs web Anda adalah satu-satunya domain yang dialokasikan ke kompartemen virtual khusus Anda. Dan itu berarti Anda mendapatkan sistem operasi Anda sendiri, penyimpanan khusus, CPU yang kuat, RAM yang dapat diskalakan, dan bandwidth tidak terbatas.

Dengan VPS, Anda mendapatkan banyak manfaat dari server khusus — dengan harga yang terjangkau. Singkatnya, hosting VPS dapat memberi Anda lebih banyak keuntungan.

Kapan Sebaiknya Anda Beralih ke VPS?

Cara terbaik untuk mengevaluasi apakah Anda perlu meningkatkan ke VPS atau tidak adalah dengan menyimpan situs web Anda. Berikut adalah delapan tanda-tanda yang sudah waktunya untuk go virtual.

1. Anda Khawatir Tentang Keamanan

Jika Anda memerlukan fitur keamanan yang ditingkatkan, kemampuan pemantauan tingkat lanjut, lebih banyak ruang cadangan, keandalan situs web yang ditingkatkan, atau berencana untuk mengambil segala bentuk pembayaran online, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan VPS. Dengan VPS, Anda mendapatkan sumber daya yang andal dan dapat mengandalkan fitur keamanan terbaik.

2. Anda Mulai Mengalami Volume Lalu Lintas Tinggi

Jika Anda baru memulai situs web Anda dan tidak menerima banyak lalu lintas, maka shared hosting adalah solusi ideal. Namun, jika audiens situs web Anda tumbuh secara konsisten, Anda pasti ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan. Anda tidak ingin menjalankan risiko situs web Anda berjalan lambat atau, lebih buruk lagi, server Anda mogok karena tidak dapat menangani lalu lintas. Jika Anda mengantisipasi peningkatan pengunjung, bantulah diri Anda sendiri  dan beralihlah ke VPS.

3. Situs Web Anda Secara Konsisten Berjalan Lambat

Shared hosting tidak dimaksudkan untuk situs web yang menggunakan RAM dalam jumlah besar. Seiring pertumbuhan situs web Anda dan Anda menambahkan lebih banyak konten, Anda akan mulai melihat penurunan waktu muat situs web Anda. Segera setelah ini terjadi, itu adalah indikasi bahwa Anda memaksimalkan batas Anda. Meningkatkan ke VPS akan memungkinkan Anda untuk menskalakan situs web Anda tanpa harus khawatir tentang waktu muat yang lambat.

4. Anda Memiliki Toko Online

Saat Anda berencana menjalankan toko online adalah saat Anda harus meningkatkan paket hosting Anda. Mengapa? Karena dengan VPS, Anda memiliki server virtual yang aman dan berdedikasi di mana Anda lebih mungkin untuk lulus tes kepatuhan PCI. Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran ditetapkan oleh merek kartu kredit utama untuk melindungi dari pencurian data pemegang kartu.

Jika Anda menerima kartu kredit di situs web Anda melalui gateway pembayaran, Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan keamanan informasi keuangan konsumen Anda. Karena VPS lebih aman daripada hosting bersama, ini adalah pilihan yang lebih baik untuk situs web e-niaga.

5. Anda Perlu Menginstal Perangkat Lunak Khusus

Hosting bersama sangat bagus untuk pemilik situs web yang membangun situs mereka dengan WordPress atau Sistem Manajemen Konten umum lainnya. Namun, jika Anda mencapai titik di mana Anda perlu menginstal perangkat lunak khusus, menggunakan konfigurasi server khusus, atau terlibat dalam pemrograman lanjutan lainnya, maka Anda akan menginginkan opsi hosting yang memberi Anda lebih banyak kontrol.

Demikian pula, beberapa pajak standar, penagihan, pembukuan, dan program integratif lainnya memerlukan ketersediaan server sepanjang waktu serta internet berkecepatan tinggi. Untuk menjalankan aplikasi ini dengan sukses, Anda memerlukan VPS atau akun hosting khusus.

Jika Anda beroperasi di server bersama, Anda hanya akan mengalami frustrasi ketika Anda mengetahui bahwa tindakan lanjutan dilarang atau bahwa aplikasi tidak memiliki dukungan yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik. Alih-alih berurusan dengan potensi masalah ini, tingkatkan ke hosting VPS dan segera dapatkan lebih banyak kendali atas tindakan pemrograman Anda.

6. Anda Mengalami Kesalahan Server

Apakah Anda sering mengalami kesalahan “Layanan Tidak Tersedia”, kesalahan 50X, atau “Kesalahan Server Internal”? Ketika Anda melihat kesalahan, kemungkinan calon pelanggan Anda juga demikian. Meskipun Anda dapat memecahkan masalah waktu henti, tidak ada ruang untuk kesalahan server jika Anda menjalankan bisnis online. Pra-empt masalah ini dengan meningkatkan ke VPS.

7. Anda memiliki Anggaran Terbatas

Meskipun benar bahwa paket hosting khusus dapat mengatasi banyak masalah dalam daftar ini, penting untuk diingat bahwa paket khusus adalah pilihan yang jauh lebih mahal. Jika Anda perlu meningkatkan bandwidth Anda, meningkatkan keamanan Anda, dan mendapatkan lebih banyak RAM, maka opsi yang paling terjangkau adalah memilih hosting VPS.

8. Anda Membangun Situs Web Untuk Klien Anda

Apakah itu bagian dari tugas Anda untuk membangun situs web untuk klien Anda? Dengan VPS, Anda dapat meng-host domain dalam jumlah tak terbatas sambil memastikan Anda memiliki cukup RAM agar setiap situs berfungsi dengan baik.

Dapatkan Konten yang Dikirim Langsung ke Kotak Masuk Anda

Berlangganan blog kami dan terima konten hebat seperti ini yang dikirimkan langsung ke kotak masuk Anda.

Bagaimana Cara Memilih Paket Hosting VPS Terbaik untuk Situs Web Anda?

Sekarang setelah Anda tahu apa itu VPS dan kapan Anda harus meningkatkan, mari kita bicara tentang apa yang membuat paket VPS yang hebat dan bagaimana menemukan penyedia hosting web terbaik. Lagi pula, Anda tidak akan mempercayai situs web Anda hanya dengan siapa saja, bukan?

Layanan VPS yang Dikelola Sendiri Versus Terkelola

Saat memilih hosting VPS, Anda biasanya memiliki dua opsi paket:

  1. Layanan VPS yang dikelola sendiri (terkadang disebut VPS yang tidak dikelola)
  2. Layanan VPS terkelola

Anda harus terbiasa dengan administrasi server, pemecahan masalah, dan mengelola aplikasi, perangkat lunak, dan layanan yang diinstal pada VPS Anda jika Anda memilih layanan yang dikelola sendiri.

Jika Anda tidak terbiasa dengan keterampilan admin ini atau Anda hanya ingin perusahaan hosting Anda  mengurusnya untuk Anda, maka memilih paket VPS terkelola adalah cara yang tepat.

Linux/Jendela

Anda mungkin berpikir tip ini mungkin termasuk dalam kategori yang jelas, tetapi perlu dibagikan: Pastikan paket hosting yang Anda pilih kompatibel dengan sistem operasi Anda.  DreamHost, misalnya, tidak menawarkan hosting Windows  karena sebagian besar pengguna kami lebih suka menjalankan VPS Linux.

Keandalan

Layanan hosting VPS yang Anda pilih harus memiliki peringkat uptime 99.5% ke atas. Apa pun yang lebih rendah dari host web Anda  tidak dapat diterima.

Perangkat keras

Saat membeli paket hosting VPS, pastikan penyedia layanan Anda menawarkan perangkat keras terbaru dan terhebat, termasuk solid state drive (SSD) — teknologi penyimpanan tercepat. SSD membuat menjalankan aplikasi berkecepatan tinggi lebih mudah berkat, sebagian, karena kurangnya bagian yang bergerak.

Dukungan Pelanggan 24/7

Ketika sampai pada itu, Anda sama sekali tidak tahu kapan Anda akan mengalami kehancuran situs. Jadi pastikan Anda membeli paket hosting VPS dari perusahaan yang menawarkan dukungan pelanggan 24/7.

Layanan Pencadangan

Bayangkan Anda mengubah situs Anda ketika terjadi kesalahan dan Anda kehilangan segalanya karena Anda lupa mencadangkan situs Anda. Menggigil. Ini adalah kejadian yang terlalu umum, dan dapat menghabiskan uang, waktu, dan lebih dari beberapa uban . Pastikan ketika Anda membeli layanan VPS, Anda memilih penyedia yang memudahkan pencadangan.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.