Apa Itu Shared Hosting dan VPS Hosting?

Hosting web bukanlah pilihan untuk pemilik usaha kecil atau besar tapi itu sekarang ini sudah menjadi kewajiban. Orang-orang menggunakan internet untuk menemukan produk dan layanan, sehingga perusahaan Anda memerlukan situs web yang dapat diandalkan dan hanya dapat diakses untuk ditemukan oleh calon pelanggan. Bahkan halaman sederhana yang menguraikan alamat perusahaan Anda, informasi kontak, dan jam operasi bermanfaat.

Untuk membangun kehadiran internet, bisnis memerlukan situs web yang dapat dibagikan. Tanpa situs web, perusahaan Anda akan sulit ditemukan dan akan menghasilkan sedikit uang. Yang pasti, web hosting bukan hanya untuk bisnis; apakah Anda ingin meng-host situs web pribadi, blog, atau proyek, layanan hosting juga sangat membantu. Apa pun tujuan situs web Anda, layanan yang disediakan di bawah ini telah Anda liput.

Menemukan hosting web, perusahaan yang menyimpan konten situs web Anda di servernya dan mendistribusikannya ke browser pembaca dan klien Anda, adalah langkah pertama dalam mengembangkan kehadiran online Anda. Pembaca mendukung Bluehost, pemenang pilihan bisnis infospa.org.

Transfer data bulanan, penyimpanan, email, dan fasilitas lainnya berbeda di antara layanan hosting web. Bahkan cara Anda membayar (pembayaran bulanan ke bulan vs. tahunan) dapat berbeda secara dramatis, jadi meluangkan waktu untuk memetakan dengan tepat apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk kesuksesan online sangat penting.

Banyak dari perusahaan ini juga menyediakan layanan hosting pengecer, yang memungkinkan Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri dengan menyediakan hosting kepada pelanggan Anda sendiri tanpa harus mengatur server Anda sendiri.

Beberapa Penyedia Web Hosting Terbaik

  • HostGator (Buka di jendela baru)— $2.64 Per Bulan + Pendaftaran Domain Gratis (Daftar Harga $6.95 Per Bulan)
  • Domain.com (Membuka di jendela yang baru)— $3.75 Per Bulan untuk Paket Dasar
  • GoDaddy (Membuka di jendela baru)— $5.99 Per Bulan untuk Paket Ekonomi (Daftar Harga $8.99 Per Bulan)
  • BlueHost (Membuka di jendela baru)— $2.75 Per Bulan untuk Hosting Bersama (Daftar Harga $9.99 Per Bulan)
  • Hostinger Web Hosting (Terbuka di jendela baru)— $1.99 Per Bulan untuk Single Shared (Daftar Harga $9.99 Per Bulan)

Anda juga harus berkenalan dengan berbagai tingkatan hosting web yang ditawarkan. Selama penyelidikan Anda, Anda akan menemukan shared, virtual private server (VPS), dedicated, dan WordPress paket hosting. Setiap tingkatan memiliki spesifikasi dan fitur berbeda yang harus Anda selidiki. Kami akan membahasnya secara rinci.

Apa itu Shared Web Hosting?

Shared hosting adalah web hosting di mana banyak situs di-host di satu server oleh penyedia. Situs A, misalnya, berbagi server yang sama dengan Situs B, C, D, dan E. Keuntungannya adalah karena beberapa situs membagi biaya server, shared web hosting seringkali cukup murah. Ini adalah hosting web berbiaya rendah. Bahkan, Anda dapat memilih paket dengan harga di bawah $10 per bulan.

Pertimbangkan situs yang membagikan server Anda sebagai teman serumah Anda; tidak banyak yang memisahkan Anda dari mereka. Anda dapat menutup pintu kamar tidur, tetapi mereka masih dapat memberi Anda mimpi buruk di dapur dan kamar mandi. Karena semua situs berbagi sumber daya server tunggal, lonjakan lalu lintas yang besar di Situs A mungkin memiliki pengaruh pada kinerja situs terdekat. Bahkan layak bahwa situs lain mungkin benar-benar menghapus server bersama jika gagal cukup kuat.

Apa itu VPS Web Hosting?

Hosting VPS mirip dengan share hosting tapi memiliki space atau ruang yang lebih besar. Hosting VPS dianalogikan dengan menyewa apartemen Anda sendiri di gedung yang lebih besar sehingga tidak ada satupun orang ataupun penghuni yang bisa mengganggu Anda. Dalam hal hosting web, lonjakan lalu lintas Situs A tidak akan berpengaruh pada Situs B atau Situs C. Hosting VPS, dapat diprediksi, lebih mahal daripada hosting bersama. Anda akan membayar antara $20 dan $60 per bulan.

Apa Sebenarnya Dedicated Web Hosting?

Hosting khusus, di sisi lain, sangat kuat dan juga mahal. Ini hanya untuk situs yang membutuhkan sumber daya server dalam jumlah besar.

Hosting khusus, berbeda dengan hosting bersama atau VPS, menjadikan situs web Anda satu-satunya penyewa di server. Untuk melanjutkan metafora perumahan, memiliki server khusus sama dengan memiliki rumah Sendiri. Ini berarti bahwa situs web Anda menggunakan semua sumber daya server dan membayar hak istimewa. Jika Anda menginginkan situs yang kuat — rumah online untuk perusahaan Anda — hosting khusus adalah cara yang tepat. Namun, banyak paket hosting web khusus menugaskan Anda untuk menangani masalah teknis backend, mirip dengan bagaimana pemilik rumah mengelola pemeliharaan yang biasanya diserahkan penyewa kepada pemiliknya.

Banyak perusahaan web hosting menyediakan hosting terkelola selain hosting khusus. Dalam hal ini, host web bertindak sebagai departemen TI Anda, menangani pemeliharaan server, dan pemeliharaan. Opsi hosting ini umumnya terlihat dengan server khusus, menjadikannya tambahan yang berorientasi bisnis. Secara alami, ini meningkatkan biaya hosting beberapa dolar, tetapi tidak ada yang harus merusak bank jika Anda memiliki sarana untuk server khusus.

Apa Sebenarnya Hosting Web WordPress Itu?

Hosting WordPress adalah untuk pengguna yang ingin mengembangkan situs web mereka menggunakan sistem manajemen konten (CMS) populer WordPress.org. Platform blogging dan pembuatan situs sumber terbuka gratis ini memungkinkan Anda untuk mengatur toko dengan berbagai cara.

Saat Anda membangun situs yang dihosting sendiri, Anda mendapatkan fungsionalitas yang paling banyak membangun web. Ini biasanya memerlukan migrasi CMS WordPress gratis ke server atau mendaftar di host web yang dioptimalkan WordPress paket. Dengan paket yang dioptimalkan, host menangani tugas backend secara otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui plug-in dan CMS atau mengaktifkan pencadangan otomatis. Lingkungan WordPress sering diinstal sebelumnya di server dalam kasus ini.

Anda juga dapat meng-host situs web Anda di WordPress.com, tetapi ini tidak sama dengan hosting yang dijelaskan di atas. WordPress.com menggunakan kode yang sama dengan WordPress.org, tetapi menyembunyikan kode server dan menangani hosting untuk Anda. Dalam hal itu, ini mirip dengan entri dalam kumpulan pembuat situs online kami. Ini adalah pendekatan yang kurang fleksibel dan mudah beradaptasi untuk hosting WordPress. Ini tidak diragukan lagi lebih sederhana, tetapi jika Anda ingin mengutak-atik, menyesuaikan, dan mengoptimalkan setiap bagian dari situs Anda, itu mungkin bukan untuk Anda.

Keuntungan untuk Bisnis

Ketika tiba saatnya untuk memulai, cari host web yang menyediakan server khusus yang disebutkan di atas, serta platform server cloud canggih (seperti Amazon Web Services atau Google Cloud), build server yang dipesan lebih dahulu jika perlu, dan dukungan pelanggan 24/7. Bergantung pada sifat bisnis Anda, Anda mungkin memerlukan server web yang dapat mengelola tampilan halaman atau kunjungan dalam ribuan atau jutaan. Banyak paket hosting populer termasuk spesialis orientasi yang dapat membantu Anda memulai.

Jika Anda bermaksud menjual produk, cari host web yang menyediakan sertifikat Secure Sockets Layer (SSL), yang mengenkripsi data antara browser pelanggan dan server web untuk melindungi informasi pembelian. SSL adalah gembok hijau yang ditampilkan di bilah alamat browser web Anda saat Anda mengunjungi lembaga keuangan online atau bisnis ritel. Beberapa bisnis memberikan sertifikat SSL secara gratis; orang lain mungkin menagih Anda sekitar $ 100 per tahun untuk lapisan keamanan tambahan itu.

Informasi Hosting Web Tambahan

Jika Anda tidak yakin jenis hosting apa yang dibutuhkan perusahaan Anda, Anda mungkin memulai dari yang kecil dengan shared web hosting. Di masa depan, Anda selalu dapat meningkatkan ke paket yang lebih kuat dan kaya fitur seperti hosting VPS atau bahkan hosting khusus. Sayangnya, beberapa host tidak menyediakan semua bentuk hosting. Sebelum berkomitmen pada apa pun yang lebih lama dari paket satu tahun, pertimbangkan berapa banyak dan seberapa cepat Anda ingin situs web Anda berkembang.

Penting untuk menginvestasikan waktu di muka untuk memastikan bahwa host yang Anda pilih mampu memberikan pengembangan yang Anda bayangkan untuk situs Anda, karena beralih penyedia hosting web di tengah sungai bukanlah tugas yang mudah.

Setelah Anda menentukan anggaran Anda, evaluasi berapa lama Anda akan memerlukan hosting web. Jika ini adalah proyek jangka pendek—katakanlah, kurang dari satu atau dua bulan—Anda biasanya bisa mendapatkan pengembalian dana jika anda membatalkan dalam waktu 60 hari. Beberapa bisnis memberikan jaminan uang kembali 30 hari, sementara yang lain memberikan jaminan uang kembali 90 hari. Sekali lagi, mengerjakan pekerjaan rumah Anda bermanfaat.

Fitur Web Hosting yang Harus Anda Miliki

Banyak server web memulai dengan fungsionalitas minimal dan kemudian memperluas penawaran mereka (seringkali secara dramatis) untuk layanan tingkat yang lebih tinggi. Baca cetakan kecil untuk memastikan bahwa paket yang Anda pilih memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda memerlukan program pembuat situs untuk mengembangkan situs web Anda, pastikan bahwa host web berbiaya rendah yang Anda pilih menyertakannya.

Banyak dari mereka menuntut Anda untuk membayar biaya tambahan untuk fungsi Object() { [kode asli] }. Pembuat situs web tidak terlalu mahal, tetapi jika Anda dapat menemukan host web yang menyertakannya secara gratis, itu adalah uang di saku Anda. Dan, jika terhubung dengan layanan hosting Anda, Anda akan memiliki pengalaman yang lebih mulus dan didukung.

Anda juga menginginkan host web yang menawarkan layanan pelanggan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, jika bukan melalui telepon. Forum, basis pengetahuan, dan tiket dukungan semuanya bagus, tetapi terkadang Anda hanya perlu berbicara dengan manusia lain untuk mengetahui hal-hal sesegera mungkin.

Namun, tidak semua tim layanan pelanggan 24 jam dibuat sama. GoDaddy dan Liquid Web memiliki tim layanan pelanggan yang sangat kompeten dan membantu, yang kami validasi dalam ulasan mendalam kami tentang penyedia hosting web mereka.

Ketika datang ke sistem operasi server, Linux biasanya merupakan pilihan utama. Meskipun demikian, beberapa perusahaan menyediakan opsi antara hosting Linux dan Windows Server. Jika Anda memiliki program sisi server tertentu yang memerlukan Windows, seperti SQL Server atau aplikasi custom.NET, Anda harus memastikan bahwa host web Anda menawarkan hosting Windows.

Tapi jangan ditunda oleh pemikiran menjadi host Linux. Sebagian besar penyedia web sekarang menyediakan antarmuka grafis atau panel kontrol untuk membantu administrasi server dan pemeliharaan situs web. Anda akan mengklik ikon yang mudah diidentifikasi alih-alih mengetik di baris perintah.

Hosting Windows seringkali lebih mahal daripada hosting Linux, terutama di server khusus. Itu tidak selalu terjadi, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu diingat saat Anda menjelajah

 

About admin

Check Also

kelebihan manfaat virtual private server

Ini Kelebihan Menggunakan VPS (Virtual Private Server)

VPS (Virtual Private Server) adalah Mesin Virtual (VM) yang menjalankan salinan sistem operasinya sendiri yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.