Perbedaan cPanel dan Plesk

Baik cPanel dan Plesk adalah opsi hosting web yang sangat disukai, yang dapat membuatnya sulit untuk memilih satu dari yang lain. Masing-masing menawarkan panel kontrol yang mudah digunakan, sarat dengan fitur yang berguna. Tetapi mana yang terbaik untuk pengguna dengan kebutuhan hosting web sederhana? Kami telah membandingkan kedua panel kontrol untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Web Hosting Control Panel

Panel kontrol hosting web menawarkan banyak sumber daya praktis untuk membantu pengguna mengelola hosting situs web mereka:

  • Mengelola situs web, nama domain, dan langganan
  • Transfer file melalui FTP (protokol transfer file)
  • Mengontrol database
  • Instal add-on (WordPress, misalnya)
  • Mengelola email
  • Mengelola database (seperti MySQL)
  • Mengelola cadangan

cPanel vs. Plesk

Panel kontrol hosting web cPanel dan Plesk memungkinkan pengguna untuk melakukan semua tugas ini.

cPanel

Reputasi cPanel untuk kualitas dan keandalan solid. Cepat dipasang dan mudah dimengerti.

Dibangun di Linux, cPanel biasanya direkomendasikan untuk pengguna yang lebih suka Windows atau sistem operasi lain. Jika Anda mengoperasikan beberapa situs web, Anda disarankan untuk menggunakan akun cPanel terpisah. Add-on WHM (Web Hosting Manager) memudahkan untuk mengelola banyak akun Anda.

Plesk

Plesk adalah pilihan populer lainnya untuk pengguna dengan kebutuhan hosting web sederhana. Plesk sama-sama dapat diandalkan, sama-sama ramah pengguna, dan menawarkan semua fungsi yang sama dengan cPanel tetapi dengan beberapa perbedaan penting yang tidak tersedia dengan cPanel.

Panel kontrol Plesk dibangun untuk menangani beberapa situs web tanpa perlu plugin tambahan. Itu dibangun untuk berjalan di Linux dan OS Windows. Dan panel kontrol ini sepenuhnya dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat mengelompokkan fitur sesuai keinginan, meningkatkan efisiensi dan kontrol Anda.

Perbandingan Control Panel

Antarmuka

Jika Anda tidak memiliki banyak keakraban dengan panel kontrol hosting web, Plesk mungkin adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Meskipun panel kontrol cPanel sama modern dan bersihnya dengan Plesk, Plesk menawarkan antarmuka yang lebih ramping yang akan dihargai oleh pemula. Karena Plesk mengelompokkan fitur serupa bersama-sama – dan memberi Anda opsi untuk membuat pengelompokan kustom Anda sendiri – Anda tidak perlu mengerahkan banyak waktu atau energi untuk mencari opsi tertentu.

Fitur dan alat

Seperti disebutkan sebelumnya, baik cPanel dan Plesk memberi pengguna semua fitur dan alat dasar yang sama: konfigurasi DNS, email, FTP, dan manajemen basis data. Pengguna dapat menambahkan aplikasi ke cPanel tetapi Plesk secara langsung menawarkan lebih banyak aplikasi dan ekstensi: dukungan untuk Docker; Kompatibilitas Git; dan 200.000+ gambar yang dapat diluncurkan dari panel kontrol. Dimungkinkan untuk menjalankan Docker dan Git di cPanel tetapi Anda akan diminta untuk menggunakan solusi yang lebih kompleks.

Keamanan

Baik cPanel dan Plesk menekankan keamanan. cPanel mencakup instalasi sertifikat SSL, direktori yang dilindungi kata sandi, dan perlindungan brute force. Plesk menawarkan instalasi SSL, pencegahan intrusi fail2ban , filter spam email, dan integrasi direktori aktif. Fitur keamanan Plesk lainnya meliputi: akun pengguna individu; firewall kustom dan ImunifyAV, antivirus cerdas dan alat pemantauan.

Backup

Jika Anda adalah pelanggan EuroDNS, kami secara otomatis menyediakan cadangan reguler untuk Anda. Tetapi melalui panel kontrol Plesk, Anda dapat menjadwalkan pencadangan harian /mingguan/tahunan Anda sendiri. Plesk juga memungkinkan Anda untuk mencadangkan konfigurasi domain, data, dan email, dan menawarkan opsi pemulihan sederhana. cPanel memang memungkinkan Anda untuk mengelola sendiri cadangan, tetapi tidak menyertakan antarmuka untuk memulihkan file cadangan sistem.

WordPress

Jika seperti banyak bisnis kecil lainnya yang Anda andalkan WordPress untuk situs web Anda, Plesk menawarkan fitur hebat yang tidak akan Anda temukan dengan cPanel: Plesk’s WordPress Toolkit. Ekstensi ini memungkinkan pengguna WordPress untuk mempercayakan manajemen keamanan mereka kepada Plesk dengan satu klik. Plesk menangani pengelolaan pembaruan plugin, perbaikan bug, dan tambalan keamanan untuk Anda. Anda dapat, tentu saja, menggunakan WordPress dengan cPanel tetapi ada lebih banyak langkah yang terlibat.

Untuk hosting web sederhana, dapatkan cPanel yang tepat

Bagi banyak orang, memilih panel kontrol tergantung pada OS mana yang mereka gunakan, apa tingkat keahlian mereka, dan berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk administrasi situs web.

Yang mengatakan, panel kontrol Plesk adalah pilihan yang solid untuk pengguna dengan kebutuhan hosting web sederhana karena dapat disesuaikan, dibuat untuk para ahli dan pemula, dan mencakup fitur aktivasi satu klik yang tidak akan membutuhkan banyak usaha.

Jika Anda setuju bahwa Plesk adalah pilihan yang tepat untuk administrasi hosting web Anda, lihat paket hosting web  kami, yang masing-masing menyediakan akses ke panel kontrol Plesk. Kami yakin bahwa ini akan menyediakan semua fungsionalitas yang Anda butuhkan dengan kerumitan minimum.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.